WAKTU

Hari          : Sabtu, 5 Des 2015

Waktu      :  08.00 WIB – Selesai

Tempat    :  Auditorium Ukhuwah Islamiah

Universitas Muhammadiyah Purwokerto  

Home

     Akhir tahun 2015 akan diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Beberapa implikasi dari hal tersebut adalah pertama, bebas investasi, modal, SDM, produk barang dan jasa, dan bebas lain-lainya.

Kedua, Bagi negara yang memiliki tenaga kerja dengan kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang tinggi, MEA ini akan menjadi peluang untuk melakukan ekspansi tenaga kerja ke negara ASEAN lainnya. Ketiga, perlu penataan yang serius dalam menyiapkan SDM, melakukan pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan MEA, perlu membangun jaringan kerja sama baik antar perguruan tinggi di negara-negara ASEAN sehingga diperoleh beasiswa untuk peningkatkan  jumlah magister dan doktor secara nasional.

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2013  bahwa hampir dari separuh tenaga kerja Indonesia (46,93%) adalah low skilled labour  lulusan SD. Keadaan ini berbeda dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia yang sekitar 80% tenaga kerjanya adalah lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi. Jika angka ini diproyeksikan ke akhir tahun 2015, hal ini menyiratkan ketidaksiapan Indonesia dalam pasar bebas tenaga kerja di ASEAN.  Namun,  tantangan ini harus disikapi dengan langkah cerdas, sehingga MEA menjadi peluang untuk menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi pendidikan yang tinggi. Dengan demikian, sehingga bangsa Indonesia menjadi pemain potensial dalam sektor tenaga kerja regional dan global. 

Tujuan:

1. Sharing hasil penelitian untuk merumuskan strategi bersama dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan agama antar negara ASEAN dalam menghadapi MEA .

2. Terbentuk forum kerjasama bidang  pendidikan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, penelitian dan penerbitan.

3. Terbentuk jaringan kerja sama perguruan tinggi di Negara ASEAN untuk peningkatan SDM, penelitian, dan publikasi.

 

PEMBICARA :

  1. Moh. Zain Musa, Ph.D (Kamboja)
  2. Nelbhom K. Muhammad, M.Ed (Filipina)
  3. Dr. Abd. Haviz Hiley (Thailand)
  4. Nekmah Batri, Ph.D (Singapura)

Location

JavaScript must be enabled in order for you to use Google Maps.
However, it seems JavaScript is either disabled or not supported by your browser.
To view Google Maps, enable JavaScript by changing your browser options, and then try again.

Hotel

Easy to startDaftar Hotel di Purwokerto mencakup hotel berbintang dan sekelas Melati yang memberikan warna dan ciri khas kota Purwokerto, 

 

Tanggal Penting

Docs / Support

Pendaftaran non pemakalah : 30 November 2015, Batas Penerimaan Abstrak : 15 November  2015, Pengumuman Abstrak Lolos Seleksi : 20 November 2015, Penerimaan Artikel Lengkap : 23 November 2015. 

Pendaftaran Online

Mahasiswa S1/S2 Pemakalah : IDR 200,000.00, Mahasiswa S1/S2 Non Pemakalah IDR 100,000.00, Dosen/Guru/Umum Pemakalah : IDR 200,000.00, Dosen/Guru/Umum Non Pemakalah : IDR 100

ICONED